Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Laporan SDGs tepat waktu, Kades, Camat dan PLD diganjar Penghargaan langsung oleh Menteri Desa PDTT


P3MD Wanayasa - Beberapa Kepala Desa mendapatkan penghargaan dari Menteri Desa PDTT, atas kinerja menyelesaikan Pendataan SDGs sesuai target waktu yang direncanakan, Minggu (06/06/2021)

Kepala Desa yang mendapatkan penghargaan diantaranya Kepala Desa Bakungtemenggungan dan Kepala Desa Gagang Kepuhsari, Kecamatan Balongbendo.

Kemudian Desa Keper, Kecamatan Krembung, Desa Terungwetan, Kecamatan Krian, Desa Bendotretek dan Desa Gedangrowo, Simogirang dan Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon.

Desa Janti, Klantingsari dan Desa Segodobancang Kecamatan Tarik serta Desa Jimbaranwetan, Popoh, Sawocangkring dan Desa Wonoayu, Kecamatan Wonoayu.

Sedangkan untuk Pendamping Lokal Desa ada Desa Bakungtemenggungan, Kecamatan Balongbendo atas nama Ahmadun Syirot, Desa Bendotretek Kecamatan Prambon Erna Setiyana dan Desa Klantingsari, Kecamatan Tarik, Lailis Ayu Nurcahyani.

Sementara untuk Camat yang mendapatkan penghargaan Plt Camat Balongbendo Ahmad Farkhan Jazuli, Camat Krembung, Abdul Muid, Plt Camat Krian, Probo Agus Sunarno, Camat Prambon Rony Yuliano Warso, Camat Tarik Iswadi Pribadi dan Plt Camat Wonoayu, Gundari.

Pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu upaya menjaga keberlangsungan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini untuk memberi apresiasi kepada pelaku percepatan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) seluruh Indonesia di Pendopo Delta Wibawa, Minggu (06/06/2021).

Karena itu, Menteri Desa Perumahan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) memberi penghargaan kepada Kepala Desa (Kades), Pendamping Lokal Desa dan Camat yang berperan aktif dalam pendataan SDGs di wilayah Sidoarjo.

Abdul Halim Iskandar mengatakan sampai saat ini data yang sudah masuk dalam sistem informasi desa sebesar 62,175 persen. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan. Pihaknya berharap selambat-lambatnya akhir Juni 2021 selesai.

"Data-data terupdate yang masuk dan terregistrasi dalam naungan Kemendes PDTT diangka 37.608 desa atau setara 50,17 persen," ujar Abdul Halim Iskandar kepada republikjatim.com, Minggu (06/06/2021).

Lebih jauh, Gus Halim menjelaskan data itu diambil Kementerian berdasar dua survei yang dilaksanakan yakni survei keluarga dan survei individu. Dari dua hasil yang dikemukakan ini, survei ini berbasis hasil dari sensus Tahun 2020 yakni keluarga warga desa se-Indonesia berjumlah 118 juta jiwa.

"Untuk desa-desa yang menyelesaikan sebelum 1 juli 2021 tetap diberi apresiasi (penghargaan). Kalau sekarang, kami memberi penghargaan utama. Nanti yang selesai sebelum 1 Juli akan diberi penghargaan madya, memang dibawahnya tetap diberi apresiasi," imbuh Gus Menteri.

Senada Gus Halim, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menegaskan pembangunan terbaik pembangunan yang dibangun dari hal terbawah yakni Desa.

"Benar kata Gus Menteri, pembangunan ini lebih bagus dan baik ketika dimulai dari titik terbawah desa. Termasuk yang menajdi tujuan hari ini adalah data. Karena ahlinya masyarakat adalah desa. Sehingga semua harus dimulai dari desa, termasuk salah satunya di bidang ekonomi yakni tumbuhnya Bumdes yang ada di Sidoarjo," tegasnya.

Sumber:

http://republikjatim.com/baca/mendes-pdtt-beri-penghargaan-utama-sdgs-untuk-kades-dan-camat-yang-selesaikan-laporan-tepat-waktu